Mencicipi Citarasa Kuliner Gudeg Manggar Berbahan Putik Bunga Kelapa

Panduan Wisata Jogja - Mengunjungi Yogyakarta belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi kuliner khas kota ini. Apalagi kalau bukan gudeg. Gudeg nangka muda atau gori mungkin sudah Anda kenal tapi bagaimana dengan gudeg manggar?
Wisata Kuliner Gudeg Manggar JogjaManggar adalah putik bunga buah kelapa yang masih muda. Untuk bisa menjadi gudeg yang enak dan lezat, dibutuhkan waktu satu hari penuh untuk mengolahnya. Uniknya, kendati dimasak sehari agar empuk namun bentuknya tetap alias tidak hancur.
Wisata Kuliner Gudeg Manggar JogjaManggar diolah bersama ayam, kuah santan dan bumbu-bumbu bercitarasa tinggi. Dulu gudeg ini merupakan masakan kesukaan Gusti Pembayun dan Ki Ageng Mangir. Itu sebabnya, resep gudeg manggar sudah berusia lebih dari 500 tahun. Yang menjadikan gudeg ini istimewa karena bahannya langka dan sangat mahal. Bunga kelapa atau manggar jauh lebih sulit ditemui dibandingkan gori atau nangka muda. Tidak hanya itu, tidak semua bunga kelapa itu dapat digunakan. Hanya yang masih muda saja yang dapat diolah. Tidak jarang dari satu kilogram bunga kelapa, hanya seperempatnya saja yang dapat dimasak. Fakta lain yang menyebabkan manggar langka dan mahal adalah karena manggar hanya bisa dipanen satu kali saja.
Wisata Kuliner Gudeg Manggar JogjaDahulu Wisata Kuliner Gudeg Manggar Jogja ini hanya dapat ditemui di Desa Mangir-Mangiran, Bantul dan disajikan pada saat tertentu saja seperti pada perayaan hari raya agama, upacara pernikahan dan acara khusus. Namun bagi Anda yang penasaran ingin merasakan nikmatnya gudeg manggar dapat mencicipinya di warung Gudeg Manggar Pembayun yang berada di Kadipiro Rt 08 Rw 10 No 197, Desa Mangir, Pajangan, Kabupaten Bantul. Gudeg manggar juga tersedia di Kopitiam Oey Jl. Walter Monginsidi 19 Yogyakarta. Oleh karena sulitnya mendapatkan bahan baku, jika Anda menginginkan gudeg manggar ini sebagai oleh-oleh, harus memesannya terlebih dahulu, minimal 4 hari sebelumnya. Bagi kaum wanita, menurut ahli kecantikan Mooryati Sudibyo, konon gudeg ini membuat wajah tampak lebih bercahaya atau dalam bahasa Jawa disebut ‘klimis’.
Wisata Kuliner Gudeg Manggar JogjaPetunjuk Arah Menuju Guddeg Manggar Pembayun :
Jika ingin mengunjungi Desa Mangir, Anda dapat menggunakan taksi. Sedangkan apabila ingin menyantap gudeg manggar di Kopitiam, Anda dapat menggunakan bus kota dengan jalur 12 dan turun di Jl. Wolter Monginsidi, tepat di depan Kopitiam Oey.
older home